Minggu, 11 Oktober 2015

Siapakah Ibumu?

Sejenak Pagi:

“ibumu sarjana apa?” Ibuku sarjana rumah tangga. Tak terbayang bukan, jika menjadi seorang ibu rumah tangga itu butuh kuliah dulu, aku tak tahu berapa lama yang harus ditempuh. Pastilah sangat panjang dan tidak terpikirkan.

1. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Akuntansi, supaya bisa mengurus pendapatan keluarga dan mengolahnya sedemikian rupa untuk kebutuhan, serta harus memikirkan tabungan ke depannya, dan memikirkan aspek pemasukan dan pengeluaran yang harus seimbang.

2. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Tata Boga, chef, atau perhotelan. Jurusan kuliah dimana harus belajar masak. Harus bisa membuat sarapan untuk keluarga dan membuat kreasi supaya tidak bosan, karena masakannya akan dimakan dalam waktu yang belum ditentukan.

3. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Pendidikan atau keguruan. 
Dan inipun banyak macamnya. 
Ia harus menguasai ilmu-ilmu eksak, minimal dibagian dasar, karena ia harus mengajari anaknya ketika anaknya menemui kesulitan dengan PRnya di rumah.

4. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Agama, karena sepanjang hidupnya, untuk pertama kali ia yang akan mengenalkan sang anak pada penciptanya, pertama kali pada saat mengandung. Ia harus bisa membujuk anaknya untuk shalat pertama kali, membelikan alat shalat kecil, dan membawanya ke masjid.

5. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Ilmu Gizi, karena makanan dan baik dan gizi yang cukup akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Seorang ibu rumah tangga harus memperhatikan asupan gizi yang masuk ke keluarganya, setiap harinya.

6. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Farmasi. Karena setiap kali anaknya sakit ia harus bisa menentukan obat apa yang ada di kotak obatnya yang dapat menyembuhkan anaknya. Ia harus menyetok obat-obatan yang biasanya manjur digunakan ketika darurat.

7. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Keperawatan, karena beliaulah satu-satunya yang akan pertama kali merawat buah cintanya ketika terbaring sakit. Yang akan menyeka tubuhnya ketika mandi tidak diperbolehkan, yang akan mengganti kompres beberapa jam sekali, atau mencek suhu badan sang anak ketika sakit. Seorang ibu rumah tangga adalah perawat yang handal luar biasa.

8. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Kesehatan, karena ia harus menjaga kesehatan keluarganya, dari asupan makanan, kebersihan, sampai melindungi anggota keluarga dr ancaman gigitan nyamuk.

9. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Psikologi. Karena ia harus bisa menebak apa yang anaknya mau, apa yang anaknya rasakan, apa yang harus diperbuatnya ketika anaknya remaja, bagaimana cara berkomunikasi dengan anak remaja, dan harus bisa jadi teman curhat terbaik anak.

MasyaAlloh, seandainya seorg ibu rumah tangga hrs kuliah dulu mempersiapkan dirinya, butuh berapa lama? Bisa jadi lebih dari 9 hal diatas, luar biasa seorg ibu, dg multi talentanya, dg sabar merawat, mendidik & menemani anak2nya. Sdh kah kita memberikan yg terbaik utk ibu kita. Seorang ibu bisa merawat 10 anak, namun 10 anak belum tentu bisa merawat ibunya.

Semoga Ibu dan Bpk kita dimasukkan Alloh ke dlm surgaNya.
Robbana Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

Semoga Bermanfaat.
😊❤👍

Tidak ada komentar: