Jumat, 23 Oktober 2015

PHOBIA

Bismillah...


ATASI PHOBIAMU SEBELUM DIMANFAATKAN SETAN

Rasa takut pada diri seseorang ada yg wajar dan tidak perlu dicela, dan ada yg sebaliknya. Namun tetap segala sesuatu yg berlebihan dan melampaui batas itu tidak diperkenankan dalam Islam. Seperti misalnya takut akan binatang buas, ini adalah perasaan takut yg alamiah. Atau takut kepada musuh (tidak berlebihan). Sebagaimana Allah ta'ala gambarkan dalam firmannya,

 فَخَرَجَ مِنْهَا خَائِفًا يَتَرَقَّبُ ۖقَالَ رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ
Maka keluarlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, dia berdo`a: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu" (QS. Al-Qashash:21)


Yang harus kita sadari, awal mula dari ketakutan seperti ini bukanlah dari setan, namun diri kita sendirilah yg cemas dan kemudian setan memanfaatkan hal tersebut lalu memperbesar rasa takut itu. Seorang hamba tidak akan memiliki rasa takut yg berlebihan melainkan takut kepada Allah, apabila dia bertawakkal kepada Rab nya. Sebagaimana Nabi Musa kemudian beliau berdo'a dan berserah diri kepada Allah Ta'ala.


Salah satu tipu daya setan yang paling besar terhadap orang-orang beriman adalah menimbulkan ketakutan atasnya. Setan menakut-nakuti orang yg beriman dengan bala tentara dan pengikut-pengikutnya, agar orang-orang beriman tidak berjihad melawan mereka, tidak melaksanakan amar ma'ruf dan tidak mencegah kemunkaran.


Allah Ta'ala berfirman,

 إِنَّمَا ذلِكُمُ الشّيْطَانُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَاءَهُ فَلا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

"Sesungguhnya mereka tidak lain adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya, karena itu janganlah takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman." [QS. Ali Imran:175]


Qatadah berkata, 

 يعظمهم فى صدوركم، ولهذا قال: {فَلا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ} فكلما قوى إيمان العبد زال من قلبه خوف أولياء الشيطان، وكلما ضعف إيمان العبد قوى خوفه منهم

"Setan membesarkan mereka dalam perasaan kalian. Karena itu Allah berfirman, 'Karena itu jangan takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar beriman.' Semakin kuat iman seorang hamba maka rasa takutnya kepada antek-antek setan semakin hilang. Sebaliknya, semakin lemah imannya, semakin besar rasa takutnya kepada mereka."


Ibnu Qayyim al-Jauziyyah berkata,

 ومن مكايده أنه يسحر العقل دائما حتى يكيده، ولا يسلم من سحره إلا من شاء الله، فيزين له الفعل الذى يضره حتى يخيل إليه أنه من أنفع الأشياء، وينفر من الفعل الذى هو أنفع الأشياء له، حتى يخيل له أنه يضره، فلا إله إلا الله. كم فتن بهذا السحر من إنسان، وكم حال به بين القلب وبين الإسلام والإيمان والإحسان؟ وكم جلا الباطل وأبرزه فى صورة مستحسنة، وشنع الحق وأخرجه فى صورة مستهجنة؟

"Setan selalu menyihir akal sehingga berhasil memperdayanya, kecuali siapa yang dikehendaki oleh Allah. Setan memoles perbuatan yang membahayakan, sehingga manusia beranggapan bahwa perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang paling bermanfaat serta manjadikannya benci  kepada perbuatan yang paling bermanfaat baginya sehingga ia beranggapan bahwa perbuatan itu membahayakannya. Laa ilaaha illallaah... Betapa banyaknya orang yang disesatkan oleh setan melalui tipu daya ini. Dan betapa banyaknya hati yang dihalanginya dari Islam, iman, dan ihsan melalui tipu daya ini? Betapa banyaknya kebatilan yang dikemasnya dalam penampilan yang indah, sebaliknya kebenaran ditampakkan dalam penampilan yang buruk?" (Ighaatsatul Lahfaan min Mashaa-idisy Syaithaan 1/110)


Hendaknya kita berhati-hati, dan senantiasa mengenali tipu daya setan. Dalam permasalahan phobia ini, seseorang harus berusaha melawan phobianya dengan mengedepankan sikap tawakkal. Sebab apabila phobia ini dibiarkan maka dapat merusak pos tauhid seorang hamba. Dimana ketakutan (khauf) yg ada pada orang tersebut telah merebut hak yg seharusnya hanya ia persembahkan untuk Allah sebagai salah satu bentuk perwujudan ibadah kepadaNya selain rojaa', isti'anah, istighotsah, nadzar, dll.

Wallaahu a'lam bish shawwab

Ust. Abu Zakaria



+++++++++++++++++++++++++++

Bermasalah dengan orang tuamu? bagaimana caranya bs berkomunikasi yang baik dengan orang tua? 
Sila ditengok (klik) dalam tautan berikut :

-----------------------------------------------

Tanda" Gangguan Sihir dan Jin dalam diri bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/GangguanJin

-----------------------------------------------
Pintu masuk Gangguan Jin pada diri bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

------------------------------------------------
GRATIS

Pelatihan Ruqyah 1000 Umat 
7 - 8 November 2015 - Surabaya, tengok (klik) tautan berikut :

-----------------------------------------------

Info ttg Pelatihan Bekam Syarthoh berstandar ABI bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

-----------------------------------------------

Info ttg Program Cicilan Heiwan Qurban Idul Adha 2016M / 1437H, bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :


Tidak ada komentar: