Rabu, 06 Januari 2016

HADIS "SURGA DI BAWAH TELAPAK KAKI IBU" 📘

✏ Ustad Muhammad Sulhan Jauhari 


Sangat penting untuk dijelaskan tentang sebuah hadis yang tersebar luas di tengah masyarakat yang telah diyakini kesahihannya, padahal hakikat sebenarnya adalah tidak demikian.
☆ HADIS LEMAH DAN PALSU
Yakni sebuah hadis yang mengatakan bahwa surga di bawah telapak kaki ibu. Berikut teks hadis tersebut:
اَلْجَنَّةُ تَحْتَ أَقْدَامِ الأُمَّهَاتِ، مَنْ شِئْنَ أَدْخَلْنَ وَ مَنْ شِئْنَ أَخْرَجْنَ
Surga di bawah telapak kaki ibu, siapa yang ia kehendaki maka akan dimasukkan (ke dalamnya) dan siapa yang ia ingini maka akan dikeluarkan.
Hadis di atas adalah hadis maudhu' atau palsu. Syaikh al-Albani rahimahullah berkata dalam kitab adh-Dha'ifah No. 593: "Hadis ini palsu."
Ada juga riwayat yang menyebutkan penggalan pertama saja, yakni “Surga di bawah telapak kaki ibu,” namun hadisnya berderajat dha'if atau lemah. Silahkan lihat kitab Dha'if al-Jami' No. 2666.
☆ LAFAL LAIN BERDERAJAT HASAN
Namun perlu diketahui, ada riwayat lain yang SEMAKNA dengan hadis di atas dengan LAFAL yang berbeda yang berderajat hasan. Di mana maknanya menunjukkan bahwa surga itu di bawah telapak kaki ibu. Berikut riwayat tersebut:
عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ جَاهِمَةَ السَّلَمِيِّ أَنَّ جَاهِمَةَ جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوَ، وَقَدْ جِئْتُ أَسْتَشِيْرُكَ. فَقَالَ: هَلْ لَكَ مِنْ أُمٍّ؟ قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: فَالْزَمْهَا، فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا
Dari Mu'wiyah bin Jahimah as-Salami bahwasanya Jahimah pernah datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lalu berkata: Wahai Rasulullah, aku ingin pergi jihad, dan sungguh aku datang kepadamu untuk meminta pendapatmu. Beliau berkata: "Apakah engkau masih mempunyai ibu?" Ia menjawab: Ya, masih. Beliau bersabda: "Hendaklah engkau tetap berbakti kepadanya, karena sesungguhnya surga itu di bawah kedua kakinya."
Syaikh al-Albani rahimahullah berkomentar: "Diriwayatkan oleh an-Nasa'i, jilid 2, hal. 54, dan yang lainnya seperti ath-Thabrani jilid 1, hal. 225, no. 2. Sanadnya Hasan insyaAllah. Dan telah disahihkan oleh al-Hakim, jilid 4, hal. 151, dan disetujui oleh adz-Dzahabi dan juga oleh al-Mundziri, jilid 3, hal. 214." (Diringkas dari kitab adh-Dha'ifah, pada penjelasan hadis No. 593)
Ada juga hadis lain dengan lafal yang berbeda dengan hadis di atas.
☆ PENJELASAN ULAMA
Ketika menjelaskan hadis ini, Ali al-Qari rahimahullah mengatakan: ”Maksudnya yaitu, senantiasalah engkau dalam melayani dan memperhatikan urusannya.” Ath-Thibi rahimahullah mengatakan: ”Sabda beliau: ”...pada kakinya...”, adalah kata kiasan yang menunjukkan puncak kepatuhan dan kerendahan diri. (Mirqat al-Mafatih Syarh Misykat al-Mashabih, jilid 4, hal. 676 & 677)
Sedangkan as-Sindi rahimahullah mengatakan: ”Bagianmu dari surga itu tidak dapat sampai kepadamu kecuali dengan keridhaannya, di mana seakan-akan seorang anak itu milik ibunya, sedangkan ibunya adalah tonggak baginya. Bagian dari surga untuk orang tersebut tidak sampai kepadanya kecuali dari arah ibunya tersebut. Hal itu karena sesungguhnya segala sesuatu apabila keadaannya berada di bawah kaki seseorang maka sungguh orang itu berkuasa atasnya, di mana ia tidak dapat sampai kepada yang lain kecuali dari arahnya. Allahu a’lam. (Hasyiyah an-Nasa-i, jilid 6, hal. 11 dalam cetakan Zuhr ar-Rabaa ’Ala al-Mujtaba, karya as-Suyuti)
Semoga kita semua dimudahkan untuk senantiasa berbakti kepada ayah bunda. Aamiin.

25 Rabi'ul Awal 1437 H / 5 Januari 2015 M



+++++++++++++++++++++++++++

Bermasalah dengan orang tuamu? bagaimana caranya bs berkomunikasi yang baik dengan orang tua? 
Sila ditengok (klik) dalam tautan berikut :

-----------------------------------------------

Tanda" Gangguan Sihir dan Jin dalam diri bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/GangguanJin

-----------------------------------------------
Pintu masuk Gangguan Jin pada diri bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :


-----------------------------------------------

Apakah kita mendapatkan Ujian ataukah Adzab dari Allah? ditengok (klik) dalam tautan berikut :


Klik ➡ j.mp/UjianAtauAdzab


------------------------------------------------


Ilmu tentang Taaruf, ditengok (klik) dalam tautan berikut :


Klik ➡ j.mp/PengertianTaaruf


-----------------------------------------------

Info ttg Program Cicilan Heiwan Qurban Idul Adha 2016M / 1437H, bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :



-----------------------------------------------------
Info tentang Rekrutmen Sahabat Pengendara Ojek Syari (khusus Muslimah), bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Tidak ada komentar: