Jumat, 29 Januari 2016

📘 ANJURAN UNTUK MEMPERBANYAK SUJUD 📗



Sujud merupakan ibadah, dan ibadah itu tidak boleh ditujukan kecuali hanya kepada Allah azza wa jalla semata. Sebagai hamba yang patuh kepada Allah, seorang muslim sangat butuh banyak bersujud kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Bagi hamba yang memperbanyak sujud, semoga minimal mendapatkan dua keutamaan berikut.

♡ KEMULIAAN DI SURGA

Dari Rabi’ah bin Malik al-Aslami radhiyallahu 'anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Silakan memohon!” Aku berkata: “Aku mohon bisa bersamamu di surga.” Beliau berkata: “Selain itu?” Aku menjawab: “Itu saja.” Beliau bersabda:

فَأَعِنِّيْ عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُوْدِ.

Jika demikian maka bantulah aku untuk mewujudkan permintaanmu dengan banyak melakukan sujud.  (HR. Ahmad 4/59, Muslim No. 489)

Hadis di atas mengabarkan bahwa dengan banyak sujud kepada Allah ‘azza wa jalla dapat menjadi penyebab seseorang dimuliakan di dalam surga.

♡ DIANGKAT DERAJATNYA DAN DIGUGURKAN DOSANYA

Abu Dzar radhiyallahu 'anhu ia berkata, “Aku mendengar kekasihku Abul Qasim shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 

مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيْئَةً.

Tidaklah seorang hamba sujud kepada Allah dengan sebuah sujud melainkan Allah akan mengangkat baginya dengan sujud itu satu derajat dan menggugurkan baginya satu dosa. (Hadis sahih riwayat Ahmad 5/164)

Semoga Allah menjadikan kita masuk ke dalam golongan hamba-hamba-Nya yang banyak bersujud kepada-Nya. Aamiin.

Tidak ada komentar: