Jumat, 25 September 2015

๐Ÿ“ Today's reminder : JANGAN makan dan minum menggunakan TANGAN KIRI

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡.....
ุงู„ุณู„ู… ุนู„ูŠูƒู…....
ุงู„ู„ู‡ ุงูƒุจุฑ
ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ุนู„ู‰ ู…ุญู…ุฏ...


berdasarkan hadits Ibnu Umar radhiallahu’anhuma:

ุฅุฐุง ุฃَูƒَู„َ ุฃุญุฏُูƒُู… ูู„ูŠุฃูƒู„ْ ุจูŠู…ูŠู†ِู‡ِ . ูˆุฅุฐุง ุดุฑِุจَ ูู„ูŠุดุฑุจْ ุจูŠู…ูŠู†ِู‡ِ . ูุฅู†َّ ุงู„ุดَّูŠุทุงู†َ ูŠุฃูƒู„ُ ุจุดู…ุงู„ِู‡ِ ูˆูŠุดุฑุจُ ุจุดู…ุงู„ِู‡ِ

“jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).

Juga hadits Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu’anhu, bahwa RasulullahShallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

ู„ุง ุชุฃูƒู„ูˆุง ุจุงู„ุดِّู…ุงู„ِ ، ูุฅู†َّ ุงู„ุดَّูŠุทุงู†َ ูŠุฃูƒู„ُ ุจุงู„ุดِّู…ุงู„ِ

“janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan makan dengan tangan kiri” (HR. Muslim 2019)

dan Allah Ta’ala berfirman:

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู„ุง ุชَุชَّุจِุนُูˆุง ุฎُุทُูˆَุงุชِ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ِ ูˆَู…َู†ْ ูŠَุชَّุจِุนْ ุฎُุทُูˆَุงุชِ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ِ ูَุฅِู†َّู‡ُ ูŠَุฃْู…ُุฑُ ุจِุงู„ْูَุญْุดَุงุกِ ูˆَุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑِ

“wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah setan, sesungguhnya ia menyuruh kepada perbuatan buruk dan kemungkaran” (QS. An Nur: 21)

Jika anda makan atau minum dengan tangan kiri, setan sangat bergembira karena perbuatan tersebut. Ia gembira karena anda telah mengikuti dirinya dan menyelisihi Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Maka ini BUKAN PERKARA REMEH! 

Baca lengkap di http://muslim.or.id/24266-hukum-makan-dan-minum-dengan-tangan-kiri.html

Tidak ada komentar: