Selasa, 26 November 2013

MEMILIH


Seringkali kita terkondisikan dengan situasi yang menuntut adanya pengorbanan diri dan menuntut pilihan dalam hidup yang tidak lepas dari pilihan "surga" di salah satunya. Dan tentunya ada pilihan yang memberikan pilihan atas kenikmatan duniawi yang sangat menggoda, karena memang sangat sesuai dengan karakteristik dan keinginan.

Pilihan yang ada seringkali berwujud 2 pilihan yang sama kuat dan saling menjatuhkan diantaranya, namun seringkali juga pilihan yang ada lebih dari 2 pilihan dan saling menjatuhkan antara satu dan yang lainnya. Belum lagi di saat pilihan tersebut saling terkait dan saling pula menjatuhkan satu sama lainnya, menjadi semacam lingkaran setan yang sangat menjatuhkan hati kita di saat kita berusaha melaksanakan semua pilihan tersebut. 

Suatu hal yang logis memang apabila manusia mencoba untuk mendapatkan semua yang terdapat di hadapannya tanpa terkecuali, dan juga mencoba untuk melaksanakannya dengan sebaiknya dalam semua upaya yang berpotensi untuk dilakukan. Karena kita seringkali berhitung atas nilai manfaat yang didapatkan dari pilihan-pilihan hidup yang berpotensi untuk dilakukan. Dan terkadang nilai manfaat tersebut menjadi daya tarik utama, dikarenakan adanya parameter nikmat dunia yang berpotensi untuk didapatkan.

Kita cenderung kebingungan dalam menetapkan pilihan, meskipun setiap dari persimpangan pilihan tersebut hati dari kita telah memiliki kecenderungan atas pilihan yang ada. Namun seringkali masih saja tergoda dengan pilihan yang lain, dengan mempertimbangkan potensi yang dapat kita raih. Semua menjadi bias di saat kita memikirkan sesuatu yang kita sendiripun belum tentu dapat memahami yang terjadi di kemudian hari.

Seorang sahabat pernah mendiskusikan tentang hal ini dan memberikan segala upaya pemikiran atas yang namanya memilih pilihan. Mencoba untuk melihat kembali riwayat hidupnya dan peristiwa-peristiwa yang terjadi atas pilihan-pilihan yang dipilihnya. Dan menceritakannya dengan beberapa ekspresi yang saya tangkap sebagai bentuk penjiwaan yang sangat dalam atas pilihan hidupnya.

Banyak ekspresi yang ditunjukkannya di saat melihat kembali riwayat hidupnya terdahulu dan mengaitkan dengan beberapa peristiwa dimana saya pun ikut terlibat didalamnya. Ekspresi tertawa lepas di saat beliau bercerita tentang hal lucu yang terjadi atas pilihan yang didapatkannya, ekspresi tersenyum bahagia di saat bercerita tentang pilihan hidup yang dirasa sangat membahagiakan beliau dan keluarganya, juga yang sangat mengena bagi hati saya pribadi adalah beberapa peristiwa hidup yang bila dilihat secara kasat mata merupakan peristiwa yang menggambarkan penderitaan, namun rekan saya tersebut dapat menceritakannya dengan penuh hikmah dan sangat santun dengan segenap jiwa. 

Secara keseluruhan saya tidak mendapati hal yang sangat mengganggu jiwa dan perasaannya atas pilihan sulit yang diambilnya, hingga tidak ada ekspresi sedih yang diungkapnya. Meskipun dalam ekspresi menangis, yang terjadi malah menceritakan pengalaman romantisnya dalam melalui pilihan sulit tersebut dengan sangat syahdu, menggambarkan bagaimana nikmat yang didapatkannya dibalik penderitaan yang dialaminya.

Hanya dengan kepercayaan diri yang tinggi dalam menjalani pilihan dan ditunjang dengan keimanan yang sangat mendukung, sahabat saya tersebut dapat dengan mudah melalui proses yang sulit tersebut dan menjalani kehidupan dengan normal. Dan hal yang bisa dijadikan pelajaran dari perbincangan kami, bahwa apapun hasil dari proses kehidupan merupakan proses kenaikan tingkat dan harus senantiasa tidak berlepas dari Iman bahwa Allah telah menjadikan segala sesuatunya dengan detail dalam skenario yang telah ditetapkan.

===================================

Katakanlah: "Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu?" Dan orang-orang munafik itu tidak memperoleh bagi mereka pelindung dan penolong selain Allah.
(Surat Al-Ahzab (33) - ayat 17)




++++++++++++++++++++++++++++

INFO PENTING @akademipranikah

GRATIS,.......

Penghilang GALAU bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ PenghilangGalau

BONUS : Kupon DISKON 20% kelas Pernikahan

-----------------------------------

Bagi yang mau tau :
- cara memilih pasangan yang BENAR agar BAHAGIA seumur hidup, 
- cara menyiapkan diri JELANG Pernikahan
- cara menjaga KEHARMONISAN Rumah Tangga
- cara menjaga CASH FLOW Keuangan Rumah Tangga
- cara menjaga KESEHATAN anggota Keluarga

ikuti KELAS PERNIKAHAN di @akademipranikah

bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :



Klik ➡ KelasPernikahan

 









Tidak ada komentar: