Selasa, 12 November 2013

Hidup SEHAT

 

Subuh ini disuguhkan pengalaman hidup seorang doktor dalam bidang Kedokteran Universitas Brawijaya Malang tentang bagaimana beliau benar" menjaga diri dalam kehidupan.
Beliau telah lebih dari 50 tahun menjadi pengajar di Universitas Brawijaya Malang dan senantiasa menjaga raga dengan pola MAKAN - pola PIKIR - pola GERAK.
  1. Pola MAKAN beliau dilakukan dengan menjaga betul" makanan bagi tubuh, yakni hanya makanan halal lagi thoyib (baik) yg dikonsumsi. 
    • Makanan yang harus diperhatikan dan dihindari yaitu 5G : Gula - Garam - Gajih (semua yang terkandung dalam hewan) - Glepung (tepung) - Gorengan. 
    • Waktu makan pun menjadi hal yg sangat beliau perhatikan dan tidak pernah terlewat, sarapan (07.00) makan siang (13.00) dan makan malam (19.00).
  2. Selain itu dalam pola PIKIR, beliau menerapkan hidup yg tidak ngoyo dengan menjalani Hidup dengan sebaiknya, dan Qadarullah beliau selama menjalani tugas sebagai staf pengajar di Universitas Brawijaya Malang, mengalami 30 tahun masa sebagai tenaga administrasi mulai sebagai Dekan, ketua LPPM, Pembantu Rektor hingga PLH-Rektor Universitas Brawijaya. Dengan menerapkan hidup yg tidak ngoyo dan tanpa memberikan target yang saklek otomatis tidak memberikan beban berlebihan terhadap kinerja OTAK sehingga hidup dirasa nyantai dengan target yg tidak berlebihan. Namun secara jujur beliau menganggap hal ini kurang baik untuk ditiru, khususnya bagi generasi muda saat ini. Tidak lupa dengan senantiasa membaca Al-Quran di antara WITIR dan SUBUH serta membaca Hadist di sela MAGHRIB dan ISYA'.
  3. Beliau juga menerapkan pola GERAK yang sangat ketat setiap harinya, dengan melaksanakan shalat WAJIB beserta sunnah RAWATIB-nya senantiasa. Serta tidak lupa akan TAHAJUD beserta WITIRnya di 1/3 malam terakhir, yang belia katakan layaknya olahraga pagi secara otomatis. Yang lebih hebatnya lagi, hingga usia yang sangat "matang" ini beliau tetap dg aktivitas tennis seminggu 2x meskipun telah terpasang 8 ring di jantung beliau.
Tidak pernah lalai dalam doa" beliau dengan menyelipkan ayat 80 dalam surat Asy-Syu'ara ~> "dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku".
Semua ini beliau laksanakan dengan penuh HIKMAT dan berkesinambungan tanpa terkecuali hanya karena mengharapkan akan Ridha Allah semata.
Moga kebaikan bagi beliau dan keluarga besar beserta keturunannya,.dan bagi kita mendapati kebaikan dr pengalaman tersebut.


================================
HIDUP sehat itu MUDAH

Tidak ada komentar: