Minggu, 08 Mei 2016

NASEHAT UNTUK ANAK

Dalam Islam, dasar kita berbakti kepada orang tua bukanlah karena balas jasa. Karena engkau baik, maka aku baik. Kalau engkau jahat, buat apa aku baik kepadamu? Ini SALAH. Dasar kita berbuat baik kepada orang tua adalah karena ini perintah Allah. "Tuhanmu telah MEWAJIBKAN agar kamu hanya menyembahNya dan berbuat baik kepada orangtua" (Al Isra' : 23). Jadi, seburuk apapun ortu bahkan jika mereka dikutuk Allah jadi babi sekalipun, tetaplah berbuat baik kepadanya. Tak boleh mendurhakainya.
Berat? Sudah pasti. Tapi seiring aqidah yg menguat maka hal tersebut kan terasa ringan. Sebagaimana Ismail yg hendak disembelih ayahnya, karena ia tau ini perintah Allah maka ia pun rela jalankan.
Untuk itu perkuat hubungan kepada Allah. Selalu tanamkan dalam diri "Ini perintah Tuhanku...perintah Tuhanku...aku harus berbuat baik kepada ayah ibuku. Meskipun mereka pernah mengabaikan aku. Bahkan jahat kepadaku". Tanamkan terus kata-kata ini dalam jiwa. Kelak kita pun akan keluar dari belenggu trauma di masa lalu
(bendri jaisyurrahman)

Tidak ada komentar: