Rabu, 02 Oktober 2013

OESAPA - KUPANG NTT

Nama tempat yang sangat tidak asing di telinga, sangat membekas karena hampir setiap 2 hari sekali menginjak tanah Oesapa. Ya, menjadi tugas harian ketika tidak ada kebutuhan macam buah, seperti pisang yang hanya dapat dijumpai dengan kualitas bagus di pasar Inpres kota Kupang.
Oesapa merupakan wilayah yang terdapat di bagian pesisir kota Kupang, tepatnya di bagian utara dan berada di daerah yang terdapat Universitas Negeri Nusa Cendana, satu-satunya Universitas yang dikelola pemerintah di propinsi Nusa Tenggara Timur.
Aktivitas jual-beli, sangat berbeda dengan di Pulau Jawa


Menjadi wilayah yang sangat dikenal masyarakat di sekitarnya, karena keberadaan pasar dengan skala regional yang melayani wilayah di sekitar wilayah Oesapa, dengan jenis komoditas yang diperdagangkan yang cukup beragam khususnya komoditas laut, dimana mennjadi salah satu pilihan pendaratan para nelayan setelah melaut.
Komoditas laut menjadi barang yang sangat istimewa, karena kondisi yang masih bagus dan lebih fresh serta harga yang lebih terjangkau. Hal ini menjadikan hampir semua penduduk lebih mengkonsumsi ikan daripada sayur dan buah yang memang harganya lebih mahal.
Deretan ikan yang sangat segar



Keriuhan transaksi layaknya di pasar kebanyakan menjadi salah stau daya tarik utama, dengan logat dan corak bahasa yang beraneka. Meskipun berada di tanah Timor, banyak dijumpai saudara-saudara dari tanah Jawa dan Madura yang berjualan di pasar Oesapa. Hal ini menjadikan lebih mudah dalam bertransaksi, karena semangat persaudaraan sesama daerah yang sangat kental.
Dari pengalaman yang didapatkan sehari-hari akhirnya terbentuklah pola konsumsi yang sangat massif, dimana saya telah mendapatkan beberapa akses khusus baik dari penjual ikan, penjual sayur, penjual tempe, penjual bumbu-bumbu dapur, dan penjual alat memasak. Ya, selama saya berada di Kupang, hampir seluruh proses memasak di dapur Kebun Mekon Indah saya ambil alih, selain tugas penjemputan tai sapi dan daun kering yang sangat menyenangkan, dan juga penjualan hasil kebun Mekon Indah ke rumah TDM. Kenangan hidup yang tidak akan pernah terlupa, 28 hari di Kupang, menyangkal diri.
Selain pasar Oesapa, ternyata persis di sebelahnya merupakan wilayah pantai dengan hamparan pasir putih yang cukup indah. Dengan wilayah yang berdekatan dengan permukiman penduduk dan tidak menjadi suatu wilayah pariwisata khusus, maka ini menjadi salah satu wilayah yang menjadi pilihan masyarakat dengan biaya yang murah, bahkan tanpa biaya sama sekali.

 
 Perahu Nelayan tertambat di pantai pasir putih Oesapa

Teringat ketika akan menghantarkan cie Imelda sekeluarga ke bandara untuk kembali ke Jakarta, mengingat waktu yang tersedia masih 2 jam dari waktu boarding dan juga bandara El Tari Kupang yang tidak membutuhkan adminisrasi yang rumit layaknya bandara di kota besar lainnya, maka saya menawarkan untuk menawarkan hiburan kecil kepada si kecil Darryl dan Clarissa, paling tidak ada cerita yang dapat mereka kenang selama di Kupang. Akhirnya pantai di Oesapa menjadi pilihan yang mungkin, karena sangat dekat dengan bandara El Tari, dapat ditempuh dengan 15 menit berkendara.  
Bersama Darryl dan Clarissa di pantai Oesapa
 
15 menit waktu yang tersedia, menjadi waktu yang mahal penuh hiburan dan berkesan, setelah 2 minggu menjalani kehidupan di area perkebunan organik Mekon Indah. Meskipun di cuaca yag terik, gelak tawa dan senda gurau menjadi hal yang spontanitas dimunculkan oleh segenap yang menghadirkan diri di timbunan pasir putih Oesapa Akhirnya 15 menit tersebut menjadi waktu yang penuh kesan dan menjadi penutup yang indah bagi kunjungan cie Imelda sekeluarga di kota Kupang, dengan senyum terkembang. Senang akhirnya dapat berbagi kesenangan dan kebahagiaan bagi mereka.

---------------------------------------------------------------------

Tetapkan HATI untuk selalu MEMBAIKKAN diri bersama KEBAIKAN

Ditulis pagi ini, saat melihat status BBM seorang sahabat yang beranjak ke Oesapa, cukup mengobati Kerinduan.


+++++++++++++++++++++++++++

Bermasalah dengan orang tuamu? bagaimana caranya bs berkomunikasi yang baik dengan orang tua? 
Sila ditengok (klik) dalam tautan berikut :

-----------------------------------------------

Tanda" Gangguan Sihir dan Jin dalam diri bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/GangguanJin

-----------------------------------------------
Pintu masuk Gangguan Jin pada diri bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :


-----------------------------------------------

Apakah kita mendapatkan Ujian ataukah Adzab dari Allah? ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/UjianAtauAdzab

------------------------------------------------

Ilmu tentang Taaruf, ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/PengertianTaaruf

-----------------------------------------------

Info ttg Program Cicilan Heiwan Qurban Idul Adha 2016M / 1437H, bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :


-----------------------------------------------------

@akademipranikah hadir di Jakarta, 

Bagi yang mau tau :
- cara memilih pasangan yang BENAR agar BAHAGIA seumur hidup, 
- cara menyiapkan diri JELANG Pernikahan
- cara menjaga KEHARMONISAN Rumah Tangga
- cara menjaga CASH FLOW Keuangan Rumah Tangga
- cara menjaga KESEHATAN anggota Keluarga

ikuti KELAS PERNIKAHAN di @akademipranikah Jakarta

bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/AkademiPranikahJakarta



-----------------------------------------------------
Info tentang Rekrutmen Sahabat Pengendara Ojek Syari (khusus Muslimah), bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Tidak ada komentar: