Selasa, 03 November 2015

Tuduhan Khawarij Kepada Imam Ahlussunnah Ahmad bin Hanbal



Al-Imam Abu Abdillah Ahmad bin Hanbal adalah Imam Ahlussunnah wal Jamaah, pada masa beliau terjadi fitnah khalqul Qur’an (anggapan bahwa Al-Qur’an adalah mahluk), keyakinan bahwa Al-Qur’an adalah mahluk ini dihembuskan oleh para ulama, qodhi dan mufti pemerintah yang berpaham mu’tazilah, faham sesat dan bid’ah bahkan kufur ini mengontaminasi para pemimpin saat itu (Al-Ma’mun, Al-Mu’tashim dan Al-Watsiq). Bahkan faham yang pada asalnya adalah keyakinan kelompok jahmiyyah mulhid ini dijadikan sebagai keyakinan resmi pemerintah kala itu!! Merekapun memaksakan faham bid’ah ini kepada rakyat tanpa terkecuali. Siapa yang menentang akan dipenjara dan disiksa bahkan dibunuh!! Saking kejamnya perlakuan mereka sampai-sampai para ulama Ahlussunnah yang tsiqah dan para Imam Hadits terpaksa harus menurut dan mengalah, dengan alasan tauriyah atau ikrah bahkan sekedar kekhawatiran akan disiksa mereka meng-iyakan faham sesat tersebut.

Adalah Imam Asy-Syafi’I, Imam Ali Al-Madini dan Imam Yahya bin Ma’in ketiga Imam tersebut terpaksa harus menuruti keinginan penguasa, demi keselamatan jiwa mereka memilih rukhshah. Namun berbeda dengan Imam Ahmad bin Hanbal, salah satu guru utama Al-Imam Al-Bukhari ini pantang mundur menghadapi ahlul kufur!! Beliau tetap teguh di atas prinsip bahwa “Al-Qur’an adalah kalamullah bukan makhluk yang turun kepada Muhammad melalui perantara Jibril”.

Bagi beliau tidak ada taqiyyah dalam persoalan Aqidah dan tidak ada rukhshah bagi para ulama panutan ummat. Bagi beliau mencontoh Bilal lebih utama dari pada Ammar!! Bahkan dengan tegas beliau mengkafirkan siapa yang mengatakan Al-Qur’an makhluk!! Berkata Abdullah anak Imam Ahmad: (Aku mendengar ayahku berkata: barangsiapa mengatakan Al-Qur’an makhluk maka dia kafir) (As sunnah 1/102). Akibat dari keteguhan dan ketegasannya di atas Al-Haq, Imam Ahmad harus menghadapi ujian berat. Beliau dipenjara pada zaman Al-Ma’mun, disiksa dan dicambuk pada zaman Al-Mu’tashim kemudian bersembunyi sebagai buron pada zaman Al-Watsiq!!

Pernah suatu ketika salah satu sahabatnya meminta beliau supaya jangan terlalu vokal karena hal itu akan membahayakan beliau. Namun beliau menjawab: jika engkau diam dan aku juga diam kapan Al-Haq itu diketahui dari Al-Batil?!, Saat beliau di penjara, para murid beliau datang menyarankan agar beliau melunak supaya dibebaskan. Lantas beliau meminta pada murid-muridnya untuk datang lagi besok hari beliau akan memberikan fatwa. Besok harinya para muridnya datang dan berkumpul di depan pintu penjara Imam Ahmad dengan membawa alat tulis, mereka siap menulis apa yang akan difatwakan beliau. Ketika Imam Ahmad keluar dan melihat banyaknya orang yang hadir, beliau berkata: Bagaimana mungkin aku menyelamatkan diriku sendiri dengan menyesatkan banyak orang?! Lantas beliau kembali masuk tidak jadi memberi fatwa.

Suatu ketika Al-Imam Ali Al-Madini atau Yahya bin Ma’in datang berziarah menjenguk beliau yang sedang menunggu ajal. Saat sahabatnya masuk mengucapkan salam beliau tidak menjawab bahkan membalikkan wajah ke arah tembok membelakangi sahabatnya. Taulah sahabatnya bahawa beliau sedang marah, lantas sahabatnya mengatakan: hadits Ammar ya…Imam hadits Ammar… (sahabatnya ini termasuk yang menuruti keinginan penguasa mengatakan Al-Qur’an makhluq mengambil rukhshah berdalil dengan hadits Ammar yang mengucapkan kekafiran setelah di siksa habis-habisan oleh kafir Quraisy) maka sepontan Imam Ahmad menjawab: Ammar mengatakannya (kalimat kekafiran) setelah ia disiksa, namun engkau mengatakan (Al-Qur’an makhluk) padahal engkau belum pernah dipukul walau hanya sekali!!

Mendengar jawaban Imam Ahmad sahabatnya mengatakan: Wallahi tidaklah aku dapatkan di muka bumi ini orang yang lebih alim dari Imam Ahmad. Demikianlah di antara keteguhan Imam Ahmad. Maka sangat wajar jika salah seorang ulama menjawab saat di tanya: Lebih utama mana antara Abu bakar As-Shiddiq dengan Imam Ahmad saat menghadapi fitnah? (fitnah riddah pada zaman Abu Bakar dan fitnah khalqul Qur’an pada zaman Imam Ahmad), maka ulama tadi menjawab: Abu Bakar menghadapi fitnah sementara di sisinya ada Umar dan Utsman beliau juga memiliki kekuasaan dan kekuatan sementara Imam Ahmad menghadapi fitnah SEORANG DIRI!! maka Imam Ahmad lebih utama dari pada Abu bakar!!. Tak mengherankan juga jika ada seorang ulama berani memastikan bahwa beliau adalah Ahulul Jannah berdasar hadits “kalian adalah saksi Allah di bumi”. Demikianlah sekilas tentang Imam Ahlussunnah Ahmad bin Hanbal yang dikatakan hafal sejuta hadits!! dan di antara fitnah yang dihadapi Imam Ahmad adalah tuduhan bahwa beliau telah mengatakan ucapan khawarij !!

Berkata Imam Abu Bakar Al-Khallaal : (berkata Abu Abdillah Ahmad bin Hanbal) : kita membutuhkan supaya kita tidak ragu dalam hal ini? Al-Qur’an menurut kami di dalamnya ada nama-nama Allah ‘azza wa jalla dan ia  merupakan ilmu Allah. Barang siapa mengtakan makhluq maka menurut kami dia itu kafir. Lantas Abu Abdillah mengatakan : telah menyampaikan kepadaku bahwa Abu Khalid dan Musa bin Manshur mereka berkumpul saat itu mereka mencemooh ucapan kami dan mereka mengajak orang-orang supaya mengatakan: (Al-Qur’an) itu jangan dikatakan makhluk tapi juga jangan dikatakan bukan makhluk, dan mereka mencemooh orang yang mengkafirkan orang yang mengatakan Al-Qur’an makhluk, mereka menganggap bahwa KAMI (Imam Ahmad) TELAH MENGATAKAN PERKATAANNYA KHAWARIJ, kemudian Imam Ahmad tersenyum seperti orang marah dan berkata: mereka itu adalah kaum yang buruk (As sunnah li Abi bakar Al khalaal 5/137).


+++++++++++++++++++++++++++

Bermasalah dengan orang tuamu? bagaimana caranya bs berkomunikasi yang baik dengan orang tua? 
Sila ditengok (klik) dalam tautan berikut :

-----------------------------------------------

Tanda" Gangguan Sihir dan Jin dalam diri bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/GangguanJin

-----------------------------------------------
Pintu masuk Gangguan Jin pada diri bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

------------------------------------------------
GRATIS

Pelatihan Ruqyah 1000 Umat 
7 - 8 November 2015 - Surabaya, tengok (klik) tautan berikut :

-----------------------------------------------

Apakah kita mendapatkan Ujian ataukah Adzab dari Allah? ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/UjianAtauAdzab

------------------------------------------------

Ilmu tentang Taaruf, ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Klik ➡ j.mp/PengertianTaaruf

-----------------------------------------------

Info ttg Program Cicilan Heiwan Qurban Idul Adha 2016M / 1437H, bisa ditengok (klik) dalam tautan berikut :

Tidak ada komentar: